NBA, Kawhi Leonard, LA Clippers

Kawhi Leonard bergabung dengan LA Clippers

Kawhi Leonard sudah menetapkan pilihannya dengan bergabung dengan LA Clippers setelah sebelumnya diberitakan akan bergabung dengan rival sekotanya LA Lakers dan membentuk trio maut dengan Lebron James dan Anthony Davis. 

Dikutip dari laman resmi NBA, Kawhi Leonard akan mendapatkan kontrak sebesar 142 juta dollar atau sebesar lebih dari Rp2 triliun dan diikat selama 4 tahun setelah sebelumnya menghabiskan waktu setahun untuk bermain dengan Toronto Raptors dan langsung berhasil membawa Toronto Raptors menjuarai NBA musim 2018/2019, sebelumnya Raptors mendatangkan Leonard dengan melakukan pertukaran dengan DeMaar DeRozan di draft NBA, namun Kawhi Leonard berhasil memutar balikan semua keraguan pendukung dan pengamat di NBA dengan memberikan cincin juara untuk Toronto Raptors.

Kawhi Leonard berhasil menyumbang 732 poin dan duduk di posisi tiga setelah Lebron James dan Michael Jordan sebagai pemain yang paling banyak mencetak poin selama babak play-off dalam sejarah NBA, dan itu menunjukkan Kawhi Leonard merupakan pemain yang sangat berbakat. Secara rata-rata dalam babak play-off, Kawhi Leonard mencetak 26,6 poin per laga di babak regular dan 30,5 poin per laga.

Kawhi Leonard bergabung dengan LA Clippers

 

Nah berikut ada beberapa Fakta menarik mengenai pemain anyar La Clippers, Kawhi Leonard :

  • Hidup sederhana

Sudah terbiasa melihat atlet profesional memiliki deretan mobil mewah dan terbaru atau makan mewah karena dengan pemasukan yang sangat besar juga gaji dari klub pemain tersebut, nah Kawhi Leonard mungkin agak berbeda, dia tetap sederhana loh, biarpun punya kontrak baru yang mencapai 142 Juta Dollar, leonard masih menggunakan mobil lamanya Chevrolet Tahoe keluaran 1997, dia pun tidak malu untuk tetap menggunakan mobil tersebut. Kemudian dalam hal makan pun Leonard sangat sederhana, menurut sumber terdekat dari Leonard, Leonard keranjingan makan makanan cepat saji wingstop dan Mango Habanero merupakan menu kesukaan sang pemain. Tau ga, bahkan Leonard menggunakan kupon gratis dari wingstop karena Leonard pernah bekerja sama dengan Wingstop untuk memasarkan makanan cepat saji tersebut, yang lebih lucu lagi Leonard sempat panik karena kehilangan setumpuk kupon gratis dari wingstop, untungnya brand makanan cepat saji tersebut mau memberikan kupon gratis lagi untuk Kawhi Leonard. 

 

  • Statistik Kawhi Leonard

Tau gak, Leonard memiliki catatan tembakan yang luar biasa dan hanya legenda NBA Michael Jordan yang memiliki statistik tembakan yang lebih baik dari dia. Rataan Leonard dalam setiap pertandingan  menyentuh 34,6 poin, 9,8 rebound, 4,0 asisst, dan 1,0 steal per laga. Mantan pemain Toronto Raptors ini memiliki statistik 59% FG % dan 41 % dari belakang garis Three point. Catatan-catatan di atas jelas menggambarkan bahwa Kawhi memiliki presentase yang sangat baik untuk mencetak angka. 

 

Dari total 105 tembakan yang Leonard lepaskan, 35 di antaranya terjadi saat pemain lawan berjarak 2 sampai 4 kaki dari Leonard atau setara dengan 33 persen tembakannya, sementara 46 persen percobaan tembakan Kawhi terjadi di saat pemain lawan berjarak 4 sampai 6 kaki. Ada yang lebih menarik lagi, saat lawan berjarak 2- sampai 4 kaki, 74,3 persen (26/35) tembakan Leonard  berhasil menemui target. Sementara di jarak 4 sampai 6 kaki, ia berhasil memasukkan 22/48 tembakannya atau sekitar 46 persen. Jarak 2 sampai 4 kaki didefinisikan di permainan NBA sebagai jarak penjagaan “ketat” sementara 4 sampai 6 kaki disebut “terbuka.”

 

Nah itu beberapa fakta menarik dari pemain teranyar LA Clippers, mari kita tunggu kiprah Kawhi Leonard di NBA musim 2019/20.