Jika membahas tentang nama-nama pemain tenis pria terbaik yang melintas di benak Anda, kami sangat yakin nama untuk Rafael Nadal dan Roger Federer sudah pasti ada di urutan atas. Kedua pemain tenis itu memang adalah dua yang terbaik di zamannya.

Hingga saat ini, selalu menjadi perbincangan dan pembahasan publik akan siapakah yang lebih baik antara Rafael Nadal vs Roger Federer. Rafael Nadal memang dikenal lebih baik ketika bermain di lapangan tanah liat sedangkan Roger Federer lebih baik ketika bermain di lapangan rumput. Tapi mari kita bandingkan dengan lebih seksama berdasarkan pencapaian dan prestasi mereka hingga saat ini.

Pertemuan antara Rafael Nadal vs Roger Federer pertama kalinya terjadi pada Maret 2004 di Miami Terbuka dan sampai sekarang mereka sudah pernah bertemu sebanyak 40 kali. Skor head to head (H2H) antara kedua pemain itu mencatat Rafael Nadal lebih unggul dengan kemenangan 24-16. Dari semua pertemuan, Nadal unggul 14-2 untuk lapangan tanah liat sedangkan Federer selalu unggul untuk lapangan rumput 3-1 dan lapangan semen 11-9. Pertandingan terakhir yang mempertemukan mereka berdua sejak 2008 adalah pada semifinal Wimbledon 2019 dimana Federer mengalahkan Nadal dalam 4 set 7-6 (3), 1-6, 6-3, 6-4.

Keduanya telah memenangkan 11 turnamen Grand Slam secara berturut-turut, dari Perancis Terbuka 2005 hingga Amerika Serikat Terbuka 2007, serta 6 turnamen Grand Slam berturut-turut pada 2 kesempatan yaitu Perancis Terbuka 2008 hingga kejuaraan Wimbledon 2009 dan dari Australia Terbuka 2017 hingga Perancis Terbuka 2018. Mereka adalah satu-satunya pasangan pria yang telah menyelesaikan 6 tahun kalender berturut-turut sebagai dua pemain peringkat teratas di ATP Tour yang mereka lakukan dari tahun 2005 hingga 2010 dan tujuh kali secara keseluruhan, termasuk 2017.

Jumlah gelar yang sudah didapatkan oleh Federer sejauh ini adalah sebanyak 102 dibandingkan Nadal hanya 84. Akhir-akhir ini Rafael Nadal baru saja meraih gelar tambahan grand slam di juara Amerika Serikat Terbuka 2019 yang digelar di Arthur Ashe Stadium pada tanggal 9 September lalu dengan mengalahkan Daniil Medvedev, kini pemain asal Spanyol itu sudah memiliki 19 gelar grand slam. Tinggal 1 gelar lagi untuk bisa menyamai rekor gelar grand slam yang dipegang oleh Federer saat ini yaitu sejumlah 20.

Jika kita melihat pada perbandingan di gelar ATP Master Series 1000, Nadal sebenarnya masih unggul dengan memegang 32 gelar dibandingkan Federer yang hanya memegang 27. Juga pada final Wimbledon di tahun 2008, Nadal menang atas Federer dalam 5 set yang berlangsung selama 4 jam 48 menit yang membuat pertandingan itu menjadi yang paling seru sepanjang masa.

Banyak orang yang merasa Nadal lebih baik dari Federer dari segi Head to Head dan beberapa fakta lainnya yang memang membuat Nadal lebih unggul. Mungkin bila Nadal memenangkan juara Grand Slam lagi melebihi dari Federer maka akan memperkuat fakta bahwa Nadal memang lebih andal. Bagaimana menurut pendapat Anda? Akankan Nadal meraih kembali gelar grand slam berikutnya mungkin di tahun 2020? Akankah pertemuan Rafael Nadal vs Roger Federer akan terjadi lagi di kemudian hari? Apapun itu, kita semua tahu bahwa Rafael Nadal dan Roger Federer sama-sama merupakan pemain tenis hebat yang namanya sudah terukir dalam sejarah olahraga tenis.