Rafael Nadal, petenis senior yang telah berumur 33 tahun ini baru saja kembali menjuarai turnamen Tenis AS Terbuka dengan mengalahkan petenis asal Rusia, Daniil Medvedev yang berlangsung selama 4 jam 49 menit dan membutuhkan lima set untuk menentukan juaranya. Rafael Nadal yang merupakan petenis asal Spanyol ini memang sudah menjadi legenda dikalangan penggemar tenis karena torehan gelar yang sudah dia dapatkan seperti 10 kali juara Grand Slam, gelar tunggal putera di Perancis Terbuka selama 4 tahun berturut-turut serta gelar wimbledon yang menjadikan dia salah satu petenis terbaik di negeri Spanyol dan Dunia.

Nadal pun memegang rekor di tahun 2008 dengan 32 kemenangan beruntun serta pemain yang pertama kalinya memenangkan ATP selama 7 kali secara beruntun. Petenis yang menggunakan tangan kiri alias kidal ini memutuskan untuk menjadi atlet tenis pada usia yang sangat muda yaitu 12 tahun dan tidak memilih sepakbola yang kala itu sangat populer di negaranya, Spanyol.

Dengan torehan dan prestasi yang nadal miliki, mari kita lihat pertandingan yang sangat berkesan dalam dunia olahraga tenis yang tentu saja memorable dan penuh pengorbanan :

1. French Open Final 2011 vs Roger Federer

Roger Federer merupakan saingan terberat Rafael Nadal dalam beberapa tahun di karir tenisnya, Nadal yang dijuluki The King of Clay ini berhasil menaklukan Federer dalam pertandingan 4 set 7-5, 7-6(3), 5-7, 6-1. 

2. Monte Carlo Final 2012 vs Novak Djokovic

Novak Djokovic salah satu saingan terberat Rafael Nadal dan Noval pun selalu berhasil mengatasi Nadal namun di tahun 2012 Nadal pun menemukan taktik untuk mengalahkan Novak. Walaupun faktor mental Novak yang tidak sempurna karena kakeknya yang meninggal seminggu sebelum pertandingan. Rafael Nadal berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 6-3, 6-1.

3. French Open Semifinal 2005 vs Roger Federer

Roger Federer berpeluang untuk mendapatkan gelar Grand Slam yang ke-5 dimana sebelumnya telah mendapatkan 4 gelar namun di tahun 2005,ambisinya harus dihalangi oleh raja tanah liat, Rafael Nadal muda yang sudah berhasil menyapu bersih gelar tenis di tanah liat. Nadal pun berhasil mengalahkan Federer 4 Set 6-3, 4-6, 6-4, 6-3. Nadal pun berhasil menjuarai turnamen ini setelah mengalahkan Mariano Puerta di Final dengan 4 set.

4. Rome Final 2005 vs Guillermo Coria

Salah satu pertandingan terbaik di sejarah turnamen master, Nadal mengalahkan Coria 5 set 6-4, 3-6, 6-3,4-6, 7-6(6). Menariknya Nadal baru berusia 18 tahun dan telah memenangkan gelar di Barcelona dan Monte Carlo.

5.French Open Final 2008 vs Roger Federer

Salah satu pertandingan terbaik Rafael Nadal karena dia yang baru berusia 21 Tahun ini berhasil mengalahkan petenis nomor 1 dunia kala itu, Roger Federer dengan skor telak 6-1, 6-3, 6-0. Nadal di kala itu bermain sangat baik dengan presisi dan kekuatan pukulan yang nyaris sempurna, mendapatkan poin dari servis sebanyak 68% dan 58% dari memukul balik servis Federer yang dianggap unggulan di turnamen Perancis terbuka.

6. Madrid Semifinal 2009 vs Novak Djokovic

Pertandingan yang paling berkualitas terjadi di Madrid pada babak semifinal di turnamen non Grand Slam. Hanya dalam 4 jam saja Nadal bisa mengalahkan Djokovic 3-6, 7-6(5), 7-6(9) dengan pukulan-pukulan mematikan yang datang dari Rafael Nadal sehingga membuat permainan Djokovic terdikte oleh Nadal yang baru berumur 22 tahun.

7. US Open Final 2010 vs Novak Djokovic

Rafael Nadal datang ke Fina Amerika Serikat terbuka untuk mendapatkan Golden Slam setelah memenangkan medali emas di Olimpiade pada tahun 2008 di Beijing. Sedangkan lawannya Nadal yang juga saingan terberatnya, Novak Djokovic yang baru saja mengalahkan Roger Federer lewat 5 set. Nadal pun berhasil mengalahkan Djokovic lewat 4 Set pertandingan 6-4, 5-7, 6-4, 6-2. Dengan gelar ini menjadikan Nadal sebagai orang kedua yang berhasil mendapatkan karir Golden Slam bersama dengan Andre Agassi.