Tim Sepakbola Amerika Serikat berhasil memenangkan Final Piala Dunia Wanita 2019

Final Piala Dunia Wanita yang dilangsungkan di Stade de Lyon,Perancis, Minggu (7/7/2019) malam WIB, berhasil dimenangkan oleh Amerika Serikat dengan skor 2 gol tanpa balas melawan Tim dari Belanda. 

Jalan pertandingan di Final Piala Dunia Wanita 2019 berjalan sangat ketat, tim Amerika Serikat vs Belanda mengakhiri dengan skor kacamata pada babak pertama. Kedua tim gagal menciptakan gol karena kedua tim masih bermain dengan hati-hati dan kedua tim masih menebak permainan lawan masing-masing. 


Pada babak kedua Amerika Serikat berhasil memecah kebuntuan dengan mencetak gol pertama melalui titik penalti setelah Stefanie van der Gragt melanggar Alex Morgan di area kotak penalti. Dibantu dengan VAR, wasit akhirnya memutuskan untuk memberikan penalti kepada tim Amerika Serikat.

Megan Rapinoe yang maju menjadi eksekutor menuntaskan tugasnya dengan sempurna. Tendangan penaltinya berhasil mengecoh kiper Belanda Van Veenendaal. 1-0 untuk Amerika Serikat pada menit 61’.

Belanda pun langsung bereaksi tak lama setelah kebobolan, dengan langsung balik menyerang, Belanda nyaris menyamakan kedudukan melalui Vivianne Miedema. Namun sayang dalam posisi tekanan bek lawan, tendangan Miedema gagal menemui sasaran.

Keasikan menyerang malah membuat Belanda ketinggalan dua gol setelah Amerika Serikat berhasil menjebol gawang Belanda. Gol terjadi setelah Crystal Dunn berhasil memenangkan duel dengan bek lawan, Rose Lavelle melakukan cut in melewati dua pemain belakang Belanda dan melepaskan tendangan terukur ke sudut bawah gawang. Skor menjadi 2-0 untuk Amerika Serikat pada menit 69’.

Tim Sepakbola Amerika Serikat berhasil memenangkan Final Piala Dunia Wanita 2019

Skor 2-0 pun bertahan hingga pertandingan tuntas. Tim nasional sepakbola putri Amerika Serikat menjadi juara Piala Dunia Wanita 2019 yang merupakan piala ke empat bagi negara tim paman Sam tersebut. Sebelumnya mereka juga menjadi juara di tahun 1991, 1999, dan 2015. Amerika Serikat sekali menjadi runner up di 2011 dan menjadi juara tiga pada edisi 1995, 2003, dan 2007.

 

Sementara itu pada perebutan tempat ketiga berhasil dimenangkan oleh Swedia setelah memenangi laga melawan Inggris di Piala Dunia Wanita 2019. Swedia mengalahkan Inggris dengan skor 2-1.

Dalam pertandingan di Allianz Riviera, Sabtu (6/7/2019) malam WIB, Swedia membuka berhasil mencetak gol lebih dulu pada menit ke-11. Melalui Kosovare Asllani membawa Swedia memimpin lewat gol tendangan dari dalam kotak penalti.

Gol diawali dengan umpan silang Fridolina Rolfo dari sisi kiri. Bola yang berhasil dihalau oleh pemain Inggris Alex Greenwood justru mengarah ke Pemain Swedia, Asllani. Asllani kemudian melepaskan tembakan terukur dan mengarah ke pojok kanan bawah gawang Inggris.

Sepuluh menit kemudian, Swedia kembali menambah keunggulan. Kali ini giliran Sofia Jakobsson yang mencatatkan namanya di papan skor dengan proses yang sangat cantik.  Sofia Jakobsson melakukan kerja sama one two dengan Blackstenius. Kemudian sofia menggiring bola hingga ke dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan untuk kembali menjebol gawang Inggris.

Tim Inggris langsung bereaksi, upaya Inggris untuk memperkecil ketertinggalan membuahkan hasil pada menit ke-31. Giliran Fran Kirby yang mencatatkan nama di papan skor. Menerima bola dari Jill Scott, Fran Kirby melakukan tusukan dari kanan sebelum melepaskan tembakan ke arah pojok kiri gawang.

Sebenarnya Inggirs bisa menyamakan kedudukan dua menit setelah mencetak gol pertama, Inggris melalui sepakan Ellen White. Namun sayangnya gol tersebut dianulir oleh wasit lewat bantuan VAR. White dinilai wasit melakukan handball saat mengontrol bola.

Dengan kemenangan ini, Swedia berhak atas medali perunggu di Piala Dunia Wanita 2019. Ini jadi medali ketiga Swedia di Piala Dunia Wanita setelah 1991 dan 2011 untuk posisi tiga.