Seorang petinju bernama Conor McGregor menghadapi Khabib Nurmagomedov pada Ultimate Fighting Championship (UFC) 229 silam (7/10/2018) dalam sebuah pertarungan kontroversial. Dalam pertarungan tersebut Conor McGregor kalah dari Khabib Nurmagomedov.

Pada pertandingan saat itu, duel petinju antara Conor McGregor dengan Khabib lantas berakhir ricuh, sehingga Komite Atletik Nevada pun memberikan hukuman bagi Khabib dan Conor McGregor.

Khabib dilarang bertarung selama 9 bulan selama dan Conor McGregor hanya 6 bulan saja.

Uniknya, meski sudah diperbolehkan bertarung sejak sekitar April 2019, Conor McGregor tak kunjung naik ring kembali.Ia belum terlihat bertarung dengan petarung manapun, tapi ngotot meminta duel ulang dengan Khabib. Akibat tak kunjung bertarung dan meraih kemenangan, Conor McGregor pun mengalami penurunan peringkat dalam ranking Ultimate Fighting Championship (UFC) pound-for-pound.

Tak cuma prestasi yang menurun, posisi yang sebelumnya ditempati Conor McGregor juga digeser seorang petarung perempuan. Conor McGregor yang awalnya berada di posisi ke-11 pun digeser oleh juara kelas terbang wanita, Valentina Shevchenko dan kini menempati posisi ke 12. Sementara Conor McGregor turun ke posisi 12, Khabib berada di posisi kedua.

Petinju yang sempat disulut emosinya oleh Conor McGregor itu berada satu strip di bawah juara kelas berat, Jon Jones untuk kelas Ultimate Fighting Championship (UFC).

Berikut daftar ranking UFC pound-for-pound:

  1. Jon Jones
  2. Khabib Nurmagomedov
  3. Henry Cejudo
  4. Stipe Miocic
  5. Amanda Nunes
  6. Daniel Cormier
  7. Max Holloway
  8. Kamaru Usman
  9. Robert Whittaker
  10. Tony Ferguson
  11. Valentina Shevchenko
  12. Conor McGregor
  13. Dustin Poirier
  14. Israel Adesanya
  15. Tyron Woodley

Namun para fans petinju Conor McGregor di seluruh dunia tak perlu khawatir, karena atlet seni bela diri campuran asal Republik Irlandia, Conor McGregor diyakini akan kembali bertarung di panggung oktagon Ultimate Fighting Championship (UFC). Pernyatan yang meyakinkan itu disampaikan oleh sosok pelatih yang sudah cukup lama menangani Conor McGregor, John Kavanagh. Meski yakin dengan petinju yang akan kembali Conor McGregor, Kavanagh mengaku belum tahu kapan hal itu bisa terealisasi.

Petinju Ultimate Fighting Championship (UFC), Conor McGregor belum bertarung lagi sejak kalah pada laga perebutan gelar juara kelas ringan melawan Khabib Nurmagomedov asal Rusia pada Oktober 2018 lalu.

“Dia belum ada waktu bertarung, tetapi begitu dia melakukannya, kami akan menyatukan geng tua itu dan mulai merencanakan, melatih, dan saya yakin dia akan mencuri perhatian lagi di Ultimate Fighting Championship (UFC). Saya yakin dia akan melakukannya,” ujar Pelatih Conor McGregor.

“Namun, saya benar-benar tidak tahu (apakah dia akan kembali tahun kini?). Ini pertanyaan untuk petinju, Conor McGregor. Dia punya banyak hal lain yang sedang dikerjakan, jadi saya hanya akan jujur dan mengaku tidak tahu,” tutur sang pelatih.

Pada tahun ini, petinju bernama Conor McGregor sebenarnya sempat mengutarakan rencananya untuk pensiun dari kariernya sebagai petarung petinju dan seni bela diri campuran di kompetisi Ultimate Fighting Championship (UFC).
Namun anehnya, keputusan yang sempat diutarakan itu kemudian direvisi ulang. Sampai saat ini, pria berjanggut tebal itu masih resmi menjadi petarung UFC. Conor McGregor sebenarnya sempat dijadwalkan melawan Donald Cerrone pada bulan Juli. Tapi sayangnya, ia kemudian menolak hal tersebut karena pertarungan itu bukan laga utama. Dia juga sempat dikaitkan dengan Nate Diaz, tetapi kini diwacanakan menghadapi Anthony Pettis pada akhir tahun 2019 ini.

Tentu saja, sementara ini sang petinju dan atlet seni bela diri Conor McGregor harus rela bahwa peringkatnya di Ultimate Fighting Championship (UFC) sedang berada di bawah dan kalah dengan seorang petinju wanita, Valentina Shevchenko.